Senin, 19 November 2012

Teknik Pengujian Perangkat Lunak dengan metode White Box

Dengan banyaknya pertanyaan tentang bagaimana uji perangkat lunak dengan metode whitebox berikut ini saya coba ulas semoga bermanfaat.
Pengujian perangkat lunak perlu dilakukan untuk mengevaluasi baik secara manual maupun otomatis untuk menguji apakah perangkat lunak sudah memenuhi  persyaratan atau belum, dan untuk menentukan perbedaan  antara hasil yang diharapkan dengan hasil sebenarnya.
Tujuan pengujian perangkat lunak adalah :

 
-         Menilai apakah perangkat lunak yang dikembangkan telah memenuhi kebutuhan pemakai.
-         Menilai apakah tahap pengembangan perangkat lunak telah sesuai  dengan metodologi yang digunakan.
-         Membuat dokumentasi hasil pengujian yang menginformasikan kesesuaian perangkat lunak yang diuji dengan spesifikasi  yang telah ditentukan.
Teknik pengujian dapat dilakukan dengan menggunakan pengujian White-Box dan Black-Box
Berikut ini penjelasan tentang white box :
Pengujian white-box (glass box), adalah metode desain test case yang menggunakan struktur kontrol desain prosedural untuk memperoleh test case. Dengan menggunakan metode pengujian white-box, perekayasa sistem dapat melakukan test case untuk memberikan jaminan bahwa [19]:
-         Semua jalur independen pada suatu modul ditelusuri minimal 1 kali
-         Semua jalur keputusan logis True/False dilalui
-         Semua loop dieksekusi pada batas yang tercantum dan batas operasionalnya
-         Struktur data internal digunakan agar validitas terjamin
 Pengujian white-box bisa dilakukan dengan pengujian basis path, metode ini merupakan salah satu teknik pengujian struktur kontrol untuk menjamin semua statemen dalam setiap jalur independen program dieksekusi minimal 1 kali. Perhitungan jalur independen dapat dilakukan melalui metrik Cyclomatic Complexity. Sebelum menghitung nilai Cyclomatic Complexity, harus diterjemahkan desain prosuderal ke grafik alir, kemudian dibuat flow graphnya, seperti pada gambar di bawah ini.

0 komentar:

Posting Komentar